Mengulas Kedalaman Sumur Bor

Apakah Anda memiliki masalah dengan saluran air Anda dengan menggunakan air yang dari pemerintah daerah? Apakah Anda memiliki lahan kosong dan ingin berniat membuat sumur bor? Jika Anda memiliki keinginan tersebut maka itu adalah pilihan yang sangat tepat sekali untuk Anda lakukanĀ disini.

Namun untuk Anda yang ingin membuat sumur bor pada lahan yang kosong Anda, Anda harus memastikan beberapa hal agar sumur bor yang akan Anda buat untuk tambahan pengairan di rumah Anda. Untuk itu ada baiknya jika Anda membaca artikel ini yang akan mengulas tentang kedalaman sumur bor yang baik.

Manfaat dari Menggunakan Sumur Bor

Anda yang mungkin masih belum begitu yakin untuk membuat sumur bor pada lahan kosong Anda, mungkin Anda bisa melihat beberapa manfaat untuk Anda jika Anda memiliki sumur. Manfaat dari memiliki sumur bor diantaranya:

  • Sumber mata air yang gratis dan dapat mengirit biaya bulanan.
  • Menggunakan air yang langsung berasal dari sumbernya atau berasal dari tanah baik untuk digunakan mandi ataupun dikonsumsi (untuk dikonsumsi pastikan untuk memasaknya sampai dengan mendidih).
  • Anda bisa menyimpan cadangan air yang ada di sumur ke dalam penampungan air atau toren, sehingga jika ada keadaan yang tak terduga maka Anda tetap memiliki pasokan air yang cukup untuk kegiatan sehari-hari.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Selama Membuat Sumur Bor

Bagi Anda yang sudah yakin jika Anda ingin membuat sumur bor pada lahan kosong Anda, Anda baiknya memperhatikan beberapa hal yang bisa Anda cek terlebih dahulu untuk membuat sumur bor. Lalu Anda pun juga harus memperhatikan berapakah kedalaman sumur bor yang baik untuk memunculkan air yang bersih dan jernih.

Pastikan Kawasan Tempat Tinggal Anda

Untuk membuat sumur bor, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa rumah Anda atau tempat tinggal Anda berada di daerah dataran tinggi atau dataran rendah. Akan berbeda hasil kedalaman yang perlu dilakukan untuk memunculkan air dari dalam tanah.

Untuk Anda yang berada di dataran tinggi Anda perlu setidaknya mencari air dengan kedalaman kurang lebih 20 meter, dan ada baiknya jika Anda mencari sumber airnya lebih dalam lagi, untuk mendapatkan aliran air yang deras. Kelebihan dari sumur yang ada di dataran tinggi ini kualitas airnya sangat jernih dan bersih sekali

Untuk Anda yang berada di daratan rendah, maka Anda tidak perlu mencari sumber air sedalam seperti dataran tinggi. Anda hanya perlu mencari sumber mata air sekitar 6 sampai 10 meter saja sudah keluar mata air.

Namun sama seperti Anda mencari sumber mata air di dataran tinggi, untuk Anda yang tinggal di dataran rendah akan baik lagi jika Anda mencari sumber mata air lebih dalam untuk mendapatkan air yang lebih jernih, karena ketika Anda hanya menggali di 6 sampai 10 meter, airnya akan jauh lebih keruh dan masih banyak lumpur di sumur Anda.

Lalu pastikan kawasan tempat Anda tinggal Anda tidak berada di kawasan rawan banjir. Karena akan sangat mengganggu sekali pada sumur Anda, meskipun Anda mendapatkan air yang berlimpah namun air yang dihasilkan kualitasnya sangat buruk.

Itu adalah sedikit ulasan mengenai kedalaman sumur bor yang baik jika Anda ingin membuat sumur di lahan kosong Anda, dan ada beberapa pula hal penting yang harus Anda pastikan sebelum Anda membuat sumur bor di lahan Anda.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *